Mengenal Debian Linux 8.0 Jessie

Linux Debian 8.0 Jessie merupakan linx update terbaru dari debian. Debian merupakan salah satu distro linux yang sering melakukan update. Tentunya pada linux terbaru ini banyak fiture fiture yang ditambahkan. Untuk lebih jelanya mari kita bahas lebih lanjut.

Software, Keamanan, and Update pada tampilan

Seperti umumnya yang di lakukan setiap distribusi Linux. Debian linyx 8.0 benar-benar melakukan perubahan besar. Dan anda akan melihat perubahan signifikan pada hal ini.

software-browser-debian-iceweasel-browser

Kebanyakan paket yang ada di debian jessie 8.0 merupakan pembaruan besar dari linux debian 7.0 yang di update besar sehingga menghasilkan sofware yang lebih sempurana.  Mengenai desktop environments dan desktop applications serta server software, sistem tools dan libraries, Debian yang terbaru ini menyertakan software yang terbaru. Sehingga anda akan mendapatkan fiture yang lebih sempurna dibandingkan Debian yang sebelumnya.

Protokol SSLv3 yang sudah di pandang tua telah di nontaktifkan pada rilis kali ini. Dengan sistem kriptograpy library dan aplikasi di compile tanpa support ssl tua ini. Beberapa Paket di kompile dengan bagus dengan tujuan keamanan.

Dari segi Desktop Environment, Debian 8.0 Jessie mengubah kembali ke GNOME sebagai default desktopnya. Berbeda dengan versi sebelumnya yaitu Debian 7.0 Wheezy yang menggunakan Xfce sebagai defaultnya. Namun anda masih bisa menggantinya sesuai dengan yang anda inginkan.

pilihan-desktop-debian-8-0

Namun yang paling mengejutkan adalah dengan menambahkanya Desktop Cinnamon dan Mate yang merupakan popular desktop pada linux Mint di tambahkan pada Debian 8.0 Jezzie ini. Jadi anda bisa mendapatkan berbagai variasi desktop.

Ini adalah rilis yang memandang Debian beralih ke sistemd dari sistem SysV init lama. Hal ini juga di lakukan sebelumnya termasuk dengan Debian 7 Wheezy sebagai preview teknologi, tapi sekarang default untuk semua orang yang memilih Debian sebagai piliihanya terletak pada  Debian 8. Proyek Debian  beralih kearah yang yang lebih baik.


Debian adalah distribusi Linux terbaru yang sudah  beralih ke systemd. Saudara kembaranya ubuntu hanya beralih ke systemd dengan Ubuntu 15.04.  Fedora, Red Hat Enterprise Linux, openSUSE, Arch, dan berbagai distro lain juga telah mengadopsi itu di masa lalu.

Perangkat komputer modern telah menggunakan mode boot EFI dan bukan mode boot BIOS. Ini menimbulkan kesulitan untuk managementnya. Akan tetapi Debian 8.0 Jessie telah melihat banyak perbaikan di sisi sini. Komputer dengan implementasi EFI yang kurang sempurna sekarang harus ditangani lebih anggun. Debian Jessie bahkan harus boot dan menginstal pada Mac berbasis Intel tanpa perangkat lunak pihak ketiga tambahan. Ini mudah-mudahan bukan sesuatu yang pikirkan dalam dalam. Debian harus bekerja pada  komputer yang lebih sempurna, seperti versi terbaru dari kernel Linux harus membuat lebih banyak hardware mampu bekerja dengan distro ini.

Tidak lengkap rasanya jikakita mengenal sistem operasi ini, tatapi tidak  menginstalnya. Karena belajar akan lebih sempurna jika di praktekan. Anda ingin mencoba untuk menggunakan linux debian 8.0 Jessie ini ? Pantengin Daffamedia.com

 

ADD YOUR COMMENT