Install Program Transfer File dengan Filezilla pada Linux Debian

Kali ini kami akan memberikan tips mengenai install Program Transfer File dengan Filezilla pada Linux Debian. Sebelumnya kita tahu bahwa Filezilla saat ini merupakan salah satu yang terbaik sebagai software protokol transfer file standalone (FTP) klien di beragai platform. File zilla tersedia untuk windows, dan juga linux. Sehingga Filezilla ini Harus memiliki untuk pemilik website baik webmasters atau blooger yang perlu mentransfer banyak file ke server dengan cepat.

Untuk menginstall file zilla di windows ini tentunya sangat mudah. Karena kita tinggal download, kemudian install filenya dan selesai. Akan tetapi jika kita berhadapan dengan linux, Kita dituntut untuk memiliki sedikit pengetahuan tentang perintah perintah untuk menjalankan OS yang dikenal sulit digunakan ini.

Mari kita langsung saja menginstall software filezilla di linux. Dan kali ini yang kami gunakan adalah linux Debian 8.0 dengan menginstall Filezilla terbaru FileZilla_3.22.2.2_x86_64-linux-gnu.tar.bz2.

Step by step Install Program Transfer File dengan Filezilla pada Linux Debian

Pertama silahkan kunjungi halaman download filezilla untuk mengetahui update terbaru kemudian copy url tersebut. Jika sudah anda copy silahkan kita download file tersebut dengan perintah wget.

wget http://sourceforge.net/projects/filezilla/files/FileZilla_Client/3.22.2.2/FileZilla_3.22.2.2_x86_64-linux-gnu.tar.bz2/download

Setelah Anda download , sillahkan anda pindahkan file hasil download tadi pada folder /usr

Masuk ke folder /usr dan extract file tersebut dan delete file hasil download an itu.

Setelah anda menjalankan perintah perintah tersebut lewat shel, saatnya kita membuat icon untuk menjalankan FileZilla. Sekarang masuk ke menu utama dari desktop anda, dan carilah menu “Main Menu”. Kalau di Desktop Envirment Mate bisa anda cari di.

System -> preference -> main menu

Anda juga bisa mencarilewat search dan ketikan main menu.
main_menu

Setelah anda menemukan main menu, kemudian klik lah icon tersebut maka anda akan mendapatkan jendela baru pengaturan menu. Silahkan klik pada “new item” kemudian atur lokasinya pada panel sebelah kiri. Anda bisa menempatkanya pada icon internet.

setting-menu-debian-add_item

Aturelah iconnya sesuai dengan icon yang telah di sediakan filzilla. Icon tersebut terletak pada folder computer -> usr -> FileZilla3 -> share -> pixmaps dan pilihlah filezilla.png. Untuk name isikan sesuai dengan nama software tersebut sebagai inisial dan anda bisa mengisinya dengen nama “Filezilla” dan untuk Command isikan “/usr/FileZilla3/bin/filezilla”.

filezilla_launcher

Setelah itu klik ok dan file zilla sudah bisa anda gunakan. Caranya dalah dengan menuju menu utama dancari icon file zilla. JIka anda tadi menempatkan nya pada bagian internet, maka carilah di sub menu tersebut.

Bigaimana, mudah bukan? Install Program Transfer File dengan Filezilla pada Linux Debian sangatlah mudah. Dan filezilla ini wajib bagi anda yang selalu berkecimpung dengan dunia server.

Semoga Bermanfaat.

ADD YOUR COMMENT