Install Mysql di linux debian 8 jessie

mysql-di-linux-debian

MySQL adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang berjalan sebagai server menyediakan akses multi-user untuk sejumlah database. Siste database ini adalah multi user. Maksudnya satu database bisa di akses olah banyak orang. Selain itu kecepatan dari mysql sendiri sangat cepat dalam menangani data yang cukup banyak , khususnya online database.

Munculnya mysql mengubah sitem yang ada di dunia informasi. Kebanyak struktur website sebelum adanya mysql ( data base sistem ) masih menggunakan sistem file. Satu halaman adalah satu file, sehingga ini terlalu rumit untuk di custom.  Oleh karena itu mysql sangat di butuhkan sekali bagi setiap orang yang akan berkecimpung dalam dunia database.

Kali ini daffamedia akan memberikan tips bagaimana instaall mysql database di linux debian.

Step By Step Install Mysql di linux debian 8 jessie

Download deb file di salah satu source berikut menggunakan tools favorit anda.

Setelah anda berhasil download salah satu dari file diatas , anda bisa memasukkanya dalam sistem anda dengan perintah

Kemudian dilanjutkan dengan update dan upgrate

 

Selanjutnya anda bisa menginstallnya dengan salah satu perintah dibawah ini. Perintah di bawah ini tergantung mysql deb yang anda anda gunakan. Terkadang antara source 1 dengan lainya berbeda package nya.

Setelah itu anda harus setting user untuk mysql dan sekalian passowrdnya.

 

Error yang terkadang muncul dalam Install Mysql di linux debian 8 jessie

Terkadang anda akan di minta untuk menginstall libaio1 jika dalam sistem anda. Ingat ini hanya kondisi dimana dibutuhkan, namun kadang ini tidak diminta jika sudah tersinstall di dalamnya. Untuk menginstall paket tersebut, langkah yang kita lakukan adalah.

Menambahkan source list debian kita.

Tambahkan url

Setelah itu update

Dan untuk menginstall libaio1 langkah selanjutnya adalah menginstallnya

 

JIka anda sudah mengalami error setiap lang yang anda lakukan, tentu ini akan menjadi jengkel. Langkah yang harus kita ambil adalah. dengan cara menghapus semua source di /etc/apt/sources.list , serta remove semua file yang ada di /etc/apt/sources.list.d

Setelah itu remove semua mysql installasiyang kita lakukan dengan gagal tadi secara penuh tanpa tersisa, Sehingga kita bisa mengulangi langkah demi langkah tadi dari awal dan fresh. Adapun langkah yang bisa kita lakukan untuk menghapus segala installasi yang berhubungan dengan mysql adalah.

Anda dapat menghapus apapun yang berhubungan dengan paket bernama mysql. perintah-perintah tersebut hanya berlaku di debian / berbasis debian distribusi linux (Ubuntu misalnya).  Anda bisa lihat daftar semua paket mysql diinstal dengan perintah:

Selanjutnya clean semua paket

Dan yang terakhir adalah update db.

Semoga langkah diatas dapat membantu anda dalam bagaimana cara menginstall mysql di debian anda. Selamat mencoba

ADD YOUR COMMENT