Configurasi WordPress Permalinks pada VestaCP dengan server Nginx

VestaCP adalah panel kontrol gratis yang populer dengan segudang keunggulan. Meliputi masalahsekuriti dan sangat ringanya panel ini.Vestacp Ini memiliki banyak fitur untuk pengguna pemula yang memiliki pengetahuan kurang tentang cara menjalankan server linux. Kali ini kami mencoba untuk menginstall vestacp dengan server nginx murni tanpa apach&&nginx untuk menjalankan script WordPress. Kali ini yang kami gunakan adalah server dengan Centos os 6 64 bit.

Secara default permalink wordpress adalah ”

Ketika kita ingin mengganti permalink menjadi selain yang diatas, tentu kita membutuhkan rewrite rule untuk menganginya. Akan tetapi secara default, wordpress akan otomatis generate file ketika mengubah sistem permalink wordpress kita. File tersebut adalah file .htaccess . Itu adalah default dari wordpress sendiri. Tapi perlu di ingat bahwa .htaccess hanya bisa berjalan di webserver tertentu. Misalnya adalah apache yang sangat populer di gunakan untuk web hosting, serta litespeed yang mempunyai kinerja bagus dan kita harus merogoh kocek perbulanya untuk berlangganan. Sedangkan di nginx .htaccess tidak akan bekerja.

Bagaimana Solusi Configurasi WordPress Permalinks pada VestaCP  dengan server Nginx

nginx-wordpress-permalink-vestacp

Satu satunya solulsi yang penulis ketahui untuk configurasi wordPress permalinks pada server nginx adalah harus mengaturnya langsung configurasi nginxnya. Setiap htaccess rule bisa di ubah ke dalam format nginx configurasi. Pada kali ini , kami hanya membatasi untuk setting permalink saja. Untuk penambahan htaccess lainya kami akan bahas di kemudian hari.

Pertama tama kita cari dulu file nginx.conf

Dalam file tersebut anda akan menemukan kode seperti dibawah ini

Kemudian tambahkan kode di bawah location / {

Sehingga file nginx.conf akan berubah menjadi

Lakukan lah settingan itu pada semua situs web anda . Karena settingan itu hanya berlaku untuk satu domain, Jika ada 4 domain, maka anda harus meletakkan 4 kode untuk tiap domainya. Dan setelah anda meletakkan kode tersebut, saatnya anda untuk merestart webserver nginx

Silahkan anda cek, apakah permalink wordpress anda sudah normal?

Semoga Bermanfaat

ADD YOUR COMMENT