Cara Menambah dan Menghapus Repository di debian

repository-di-debian

Source list merupakan file yang berisi source sumber dari semua software atau package yang digunakan oleh linux debian. Isinya merupakan url tempat dimana package tersebut di simpan. Ketika kita menginstal sesuatu di linux debian, maka pertama kali kita harus mencari dimanakan sumber dari package itu berada. Setelah di isi, tinggal lakukan update, dan install. Kali ini kami ingin memberikan tips bagai mana menambah dan menghapus source list di debian dengan mudah.

Cara Menambah sources.list Repository di debian

Sebagai contoh kita ingin menambahkan source list dibawah ini

source list di debian terletak di file /etc/apt/sources.list, sehingga anda bisa membukanya dengan editor favorit anda. Kali ini kami menggunakan nano sebagai editornya. sehingga perintahanya adalah.

Kemudian paste kode di atas ke file sources.list tersebut. Setelah itu anda bisa update repository dengan perintah

Cara Menghapus sources.list Repository di debian

Untuk menghapus source.ist repository di debian adalah sama seperti cara di atas. Kita tinggal edit file source.list , kemudian kasih tanda # di depanya atau bisa di delete dari file tersebut. Mudah bukan? Akan tetapi kita masih sering menjumpai kalau source tersebut masih muncul ketika kita lakukan update.

Contoh dibawah ini tanda jika terjadi error pada source listnya. padahal di dalam sources.list sudah dihapus. Bagaimana cara mengantisipasinya?

Anda bisa menuju ke folder /etc/apt/sources.list.d

Periksa satu satu file yang ada di folder tersebut, Biasanya ada source list yang error tersebut di masing masing file yang ada didalamnya. Anda bisa menghapusnya, kemudian save file tersebut, dan lakukan update untuk mengetahui apakah sudah berest atau belum.

Mudah mudahan dengan cara ini bisa berhasil untuk menghapus sources.list yang failed . Selamat mencoba

ADD YOUR COMMENT