Cara menambah menghapus dan Grant Sudo Privileges linux Debian

debian-sudo

Ketika Anda meningstall vps , dedicate atau server baru, account default dari sebuah linux adalah root. Pengguna ini memiliki akses sistem yang penuh dan harus digunakan hanya untuk tugas-tugas administratif, dan hanya administrator saja yang mengetahui atau berhak untuk akses akun ini. Inti dari user root ini adalah tidak ada pembatasan apapun untuk mengelola pada sistem linux. Sehingga kita tidak sembarangan untuk share akun root ini kepada orang lain karena akan berdampak resuko yang sangat tinggi.

Untuk mengatasi risiko ini, kita dapat membuat user baru, yang memiliki akses lebih sempit dibandingkan dengan root, tapi lebih tepat cocok untuk tugas harian. Bila Anda membutuhkan kekuatan pengguna administratif, Anda dapat mengakses fungsi melalui perintah yang disebut sudo. Sudo ini yang akan mengangkat hak-hak akses istimewa dari satu perintah pada user selain root. Akan tetapi tidak semua akun bisa digunakan untuk menggunakan sudo. Kita harus setting grant sudo privileges untuk sebuah akun

Kali ini daffamedia.com i akan membahas bagaimana membuat user baru pada sistem Debian. Kami juga akan membahas bagaimana memungkinkan pengguna akses ke perintah sudo jika mereka memerlukan hak akses administratif atau yang berhubungan dengan sistem, dan akan kami jelaskan cara menghapus pengguna yang Anda tidak perlu lagi.

Login ke server, vps atau dekstop di linux debian sebagai root

Pertama kali yang harus a Anda akan perlu lakukan adalahk login server Debian Anda sebagai user root.

Jika anda ingin bekerja pada komputer anda sendiri, bisa menggunakan perintah su ,kemudian enter dan masukkan root password

Masukkan password yang Anda diemail (tidak akan muncul di layar saat Anda memasukkan password Anda. Ini adalah fitur keamanan sehingga orang terdekat tidak bisa menebak password Anda berdasarkan panjangnya).

Menambah User Baru Baru pada linux debian

Langkah pertama adalah menambahkan pengguna baru. Jika ini adalah pengguna baru pertama Anda, dan saat Anda login sebagai user root, Anda dapat menggunakan sintaks berikut untuk membuat user baru:

Jika Anda login ke pengguna yang Anda menambahkan sebelumnya dan memberi hak istimewa sudo, Anda dapat membuat user baru dengan menerapkan sudo dengan perintah yang sama:

Setelah ini Debian akan meminta Anda untuk informasi lebih lanjut tentang pengguna yang Anda buat. Setelah itu masukkan password untuk user baru anda selama 2 kali. Setelah itu, debian akan meminta Anda untuk mengisikan informasi pribadi tentang pengguna. Anda bisa skip ini.

Untuk keluar dari user yang saat ini anda gunakan bisa dengan perintah exit

perintah exit akan mengakhiri sesi anda sebagai user yang login. sehingga, jika anda ingin login kembali dengan user berbeda, anda bisa gunakan perintah dibawah ini, kemudian dilanjutkan dengan mengisi password user.

Cara lain untuk cepat beralih ke pengguna lain tanpa logout adalah dengan menggunakan perintah su. Perintah ini singkatan dari substitute user dan memungkinkan Anda untuk masuk ke pengguna lain.

Seperti biasa , nanti anda akan diminta password untuk user baru yang ingin anda gunakan tersebut.

Memberikan Hak Akses user baru dengan sudo

Setelah memiliki user baru, Anda perlu memutuskan apakah pengguna ini dapat melakukan tugas-tugas administrasi dengan sudo atau tidak.Jika ya, anda harus mengaktifkan hak istimewa sudo sehingga Anda dapat melakukan konfigurasi dan maintenance untuk user ini.

Kita bisa memberikan akses ke perintah sudo dengan perintah visudo user. Anda perlu login sebagai root untuk mengakses perintah ini:

Setelah user telah diberi hak sudo user yang ada, Anda dapat mengakses fungsi yang sama dari dalam sesi pengguna Anda dengan mengetikkan:

Ketika Anda mengetik perintah ini, Anda akan dibawa ke sebuah sesi editor teks dengan file yang mendefinisikan hak sudo . Kita harus mengkonfigurasi dengan menambahkan pengguna dengan file ini. Anda akan menemukan tulisan seperti dibawah ini

Anda bisa melakukan dengan user yang lain dengan menambahkan di baris berikutnya dengan user berbeda

jika anda menginginkan tanpa password saat mengeksekusi perintah bisa dengan kode

Setelah itu selesai, maka user baru anda memilikihak sama sebagai root. Untuk menjalankanya, kita harus menambahkan perintah sudo agar perintah tersebut bisa terkeskekusi

Menghapus Pengguna

Untuk menghapus user di debian anda bisa mengetikan perintah dibawah ini

Jika anda ingin menghapus data yang di miliki user tersebut, anda bisa menambahkan opti –remove-home

Sebagai user biasa , anda bisa melakukanya dengan hak sudo, Anda dapat menghapus pengguna menggunakan sintaks ini:

source digitalocean.com

ADD YOUR COMMENT