Cara Install mplayer di linux centos

 

mplayerMPlayer adalah perangkat lunak yang open source untuk categori media player atau software untuk memputar musik atau video. Salah satu keungglan software ini adalah bahwa mplyaer ini tersedia untuk hampir semua operatins system (os). Termasuk  untuk os Linux untuk berbagai distro, mac Operating system dan juga  untuk os yang paling banyak di gunakan di indonesia yaitu Microsoft Windows.

Walaupun mplayer ini memiliki banyak keunggulan, akan tetapi tidak semua orang menggunakan software ini, karena begitu banyaknya software pemutar musik yang banyak beredar di dunia maya. Di windows sendiri sudah ada default player seperti windows media player, serta winamp yang sudah populer.

Selain untuk memputar musik, mpalyer juga mampu untuk mencovert sebuah file ke file lainya. Seperti swf, to mp3 dan lain lainya. Karena itu pada tutorial kali ini, daffamedia ingin berbagi tips bagai mana cara menginstall mplayer dan kami khususkan di linux centos.

Step by step cara Install mplayer di linux centos

Pertama kita siapkan repository nya dengan membuat file repo, agar kita memiliki source untuk menginstall mplayer

Anda bisa menggunakan editor lain selain nano. Seperti Vi dan lainnya.

Setelah itu kita isi file repo tadi dengan code di bawah ini.

Setelah file repo sudah siap, silahkan save file tadi , dan kita install mplayer dengan perintah dibawah ini.

Jika anda berniat untuk menggunakan mplayer untuk mengconvert sebuah file kadang kita mengalami error file lib. Seperti yang dibawah ini

Untuk itu kita harus menginstall mesa-libGL-devel untuk menghilangkan error tersebut. Silahkan instal mesa-libGL-devel dengan perintah di bawah ini

Mplayer siap untuk digunakan. Selamat mencoba untuk menggunakanya.

ADD YOUR COMMENT